Tuesday, April 21, 2009

Penerapan 'Active Learning' Pada Anak

By: agussyafii

Rabu Malam lalu kami anak-anak Amalia belajar permainan peran. Dengan tema 'Bekerja di bank' anak-anak ada yang bertugas sebagai kasir, Customer Service, manager, security, Office boy dan ada nasabah yang hendak menabung. Simulasi ini menjadi menarik sebab anak-anak memerankan seolah-olah mereka terlibat aktifitas sebagai di bank. uang-uangan dari kertas telah dipersiapkan oleh anak-anak Amalia itu sendiri. Ada yang sebagai ibu bersama anak-anaknya. Ada yang berperan sebagai kakek bahkan ada yang berperan sebagai pedagang.

Dan diakhir kegiatan kami diskusi bersama, apa manfaatnya menabung dibank? bagaimana cara bekerja orang-orang di bank? apakah menyenangkan menabung dibank? diskusi menjadi meriah karena anak-anak memiliki beraneka komentar. Komentar adi sebagai kasir, Enak lo duitku banyak. terdengar suara anak-anak tertawa.

Konsep belajar di Amalia menerapkan konsep belajar Active Learning, dimana anak-anak berperan secara aktif dalam proses belajar. Dua komponen utama dalam Active Learning yaitu pengalaman dan dialog.

Memberikan pengalaman melalui observasi dan praktek langsung akan lebih mudah dicerna oleh anak-anak daripada hanya duduk mendengarkan. Dari belajar bermain peran dengan tema menabung dibanklebih mendekatkan anak-anak dengan kondisi sebenarnya. Apakah dengan bermain peran saja cukup? belum, karena ada komponen yang tidak boleh dilupakan yaitu kesempatan bagi anak-anak untuk berdiskusi dari kegiatan yang telah dilakukan.

Coba simak diskusi anak-anak Amalia berikut ini,

'Jadi, apa yang kita lakukan dibank?' tanya kakak pembina.
'menabung..' jawab adi.
'enakan nabung dirumah' kata ratna.
'Tapi kan nabung di bank aman, tidak takut ada maling' kata rizki.
'Malah ayahku dibantu bank dibiayai untuk beli ruko.'kata mona.

Begitulah komentar anak-anak Amalia sebagai proses berpikir yang sedang berlangsung diskusi hangat di malam itu. penerapan Active Learning melalui pengalaman dan dialog, informasi yang kami sampaikan lebih mengena dan penerapan Active Learning juga kami gunakan pada semua kegiatan di Amalia.

---
Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendaki- Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran. (Qs.Al-Baqarah: 269).

Wassalam,
agussyafii

Sumber : Milis
yisc_al-azhar@yahoogroups.com
http://agussyafii. blogspot. com
Post a Comment